Aktif Kreatif Kembali Usai Hibernasi Hari Raya Idul Fitri

Banjarnegara- Memasuki Bulan Syawal 1442 H, Umat Islam diseluruh penjuru dunia kembali fitri setelah melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Di Indonesia kita lebih sering mendengar istilah Halal bi Halal yang merupakan adat yang sangat baik yaitu saling bermaaf – maafan.

MA Alfatah Banjarnegara sendiri selalu rutin melakukan acara tersebut. Halal bi Halal MA Al Fatah biasanya dengan cara sowan (silaturrahim) ke Yayasan Al Fatah, sesepuh, para kiai, dan sekitarnya, Selasa (18/5).

Di masa pandemi seperti ini, banyak sekali protokol yang harus di patuhi mulai dari himbauan untuk larangan mudik hingga cara bersilaturrahmi. “Oleh karena itu, acara Halal bi Halal tahun ini keluarga besar MA Al fatah Banjarnegara pun hanya dapat bersilaturrahmi ke Kepala Madrasah, ketua yayasan, dan beberapa family yayasan,” ungkap Kepala Madrasah Hj. Fitri Muhlisoh.

Acara Halal bi Halal tahun ini pun juga berbeda, selain sebagai wahana silaturrahmi dan saling bermaaf – maafan, tetapi juga digunakan untuk rapat internal oleh kepala Madrasah (untuk meminimalisir perkumpulan/ kerumunan), membahas persiapan PAT dan PPDB.

Berkenaan dengan semester genap yang sudah hampir berakhir, maka sangat tepat langkah yang di ambil Madrasah adalah mempersiapkan segala sesuatu untuk menghadapi PAT. Dewan guru yang ikut Halal bi Halal antusias mengikuti agenda tersebut.

“Panitia PAT dan tim PPDB harus langsung bergerak untuk mempersiapkan demi kelancaran dan kesuksesan PAT dan PPDB,” tandasnya.

Tidak ketinggalan juga Kepala MA Al fatah Banjarnegara memotifasi kepada dewan guru untuk selalu aktif dan kreatif kembali setelah waktu hibernasi hari raya Idul Fitri. (ilham sodiq/mnh)