Awal Tahun 2017 Ditasyarufkan Zakat ke 499 Mustahik

UPZ Kantor Kementerian Agama Kabupaten  Banjarnegara telah memungut pajak kepada pegawai Kemenag 100% untuk semester ke dua tahun 2016.  Dan hari Rabu kemarin (18/01) di  tasyarufkan kepada mustahik di Aula Kantor.

Agenda rutin kali  ini dihadiri pada acara  Ketua Baznas Kabupaten Banjarnegara,Sutedjo Slamet Utomo, Pengurus Basnas  kabupaten, Pengurus UPZ,  Penyuluh Fungsional dan mustahik  penerima zakat.

Zakat yang dibagikan terdiri dari 2 jenis, yakni  zakat produktif sejumlah 20  orang masing masing  sebesar 1,5 juta rupiah dan zakat konsumtif sebesar 300 ribu rupiah kepada 479 orang. Dari mustahik 499 orang tersebut sudah di tasyarufkan saat HAB Kemenag Ke 71  sebanyak 20 orang. 

Plt.  Kankemenag Sukarno dalam laporan kegiatan menyampaikan bahwa penerimaan zakat sudah 100% dan akan ditasyarufkan oleh Baznas Kabupaten Banjarnegara melalui UPZ setiap semester. Harapan dengan pentasyarufan ini, bisa dimanfaatkan oleh  mustahik untuk membantu memenuhi kebutuhan mereka. Untuk zakat produktif untuk  bisa berhasil dan bisa memberi contoh kepada untuk bisa menjadi muzaki.

Sebelum pentasyarufan disampaikan tausiah oleh  KH. Sukron Makmum  dari Pondok Pesantren.  Di awali dengan sejarah para sahabat yang sukses dan berhasil dengan adanya bekal ilmu agama dalam kehidupan mereka. Karena  dengan bekal ilmu mereka memahami arti kebahagiaan dan kemuliaan. Harta kekayaan, jabatan, rumah banyak dan sebagainya bukan ukuran kebahagian bagi manusia. Jika ukurannya itu maka sang Kholik tidak adil.  Manusia  dimuliakan oleh Tuhannya dikarenakan ilmu agamanya. Karena tujuan manusia adalah kehidupan setelah mati dari dunia, disanalah kebahagiaan dan kemuliaan yang sebenarnya.

Secara simbolis zakat diberikan Ketua Baznas, Kepala Kankemenag, dan Penyelenggara Syariah kepada 6 orang mustahik yang ditunjuk. (Nangim)