Belajar Keorganisasian Sambil Bermain Bersama Agus Mahmud

Banjarnegara – Belajar tidak melulu hanya belajar saja dengan konsep yang kaku. Belajar juga bisa sambil bermain sehingga penyampaian lebih berkesan. Pada acara LDK OSIM MTs N 1 Banjarnegara (9/4) menghadirkan  Agus Mahmud alumni MTs N 1 Banjarnegara tahun 1996 yang saat ini menjabat sebagai wakil kepala MAN 2 Banjarnegara urusan kesiswaan untuk menyampaikan materi keorganisasian.

Materi keorganisasian merupakan materi dasar yang harus diketahui oleh pengurus OSIM. Melalui LDK ini Agus menyampaikan dasar-dasar keorganisasian khususnya OSIM.

Satu-satunya organisasi yang disahkan dalam undang-undang adalah Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS). Dalam lingkup madrasah nama OSIS dikenal Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM). Dalam sebuah organisasi tentunya terdapat struktur organisasi mulai dari ketua, wakil ketua, sekretaris, bendahara dan seksi bidang lainnya. Masing-masing pengurus memiliki tugas dan tanggung jawab masing-masing, ujar Agus.

Agus menyampaikan pengurus OSIM pengetahuannya harus luas. “Sebagai Pengurus OSIM pengetahuan kalian harus luas, ya minimal tahu seluk beluk MTs Negeri 1 Banjarnegara mulai dari sejarah hingga jumlah ruangan dan fasilitas lain yang ada di MTs. Karena itu juga salah satu bentuk bahwa kalian cinta kepada MTs Negeri 1 Banjarnegara.” ucapnya.

Konsep belajar sambil bermain yang diterapkan oleh  Agus yaitu di sela-sela penyampaian materi beliau sesekali mengetes peserta LDK dengan memainkan permainan kecil . Dengan konsep belajar yang seperti itu konsesntrasi peserta LDK tidak terpecah. Belajar sambil bermain ternyata membangkitkan semangat peserta LDK dalam menyimak materi.

Setelah penyampaian materi selesai  Agus dan peserta LDK berinterkasi melalui tanya jawab. Sesi tanya jawab ini tentunya dikemas secara asyik dengan tetap berkonsep belajar sambil bermain.

Di akhir materi  Agus menyampaikan motivasi kepada peserta LDK untuk selalu siap menyukseskan program kerja meski pandemi covid-19 masih belum kunjung usai. “Sebagai pelopor organisasi yang memandegai semua ekstrakurikuler di MTs Negeri 1 Banjarnegara OSIM harus siap berjalan bersama penggerak ekstrakurikuler dan para pembina,” harapnya. (Risky/mnh)