Calon Penyuluh Seleksi Tahap 2 Tes Wawancara

Menindak lanjuti Seleksi tahap I (Ahad, 20/11) di MTsN 2 Banjarnegara, Calon Penyuluh Non PNS hari ini (23/11) melaksanakan ujian tahap II berupa Tes Wawancara  di Aula Kantor Kemenag Kabupaten Banjarnegara.

Sebanyak 277 peserta yang sudah terdaftar bersiap di wawancara oleh penguji yang berada di tempat ujian. Terdapat 20 penguji siap menguji kemampuan calon penyuluh guna mendapatkan penyuluh yang tepat dan berkompeten di bidangnya saat berada di wilayah penyuluhan.

Satu persatu para peserta ujian masuk ke ruang ujian sesuai dengan daftar panggil kehadiran peserta. Tes yang dilakukan adalah Kompetensi Ilmu Keagamaan, Kompetensi Komunikasi, Kompetensi Sosial dan Kompetensi Moral.

Hasil penilaian seleksi dari 2 tahap ini terdiri dari 60% nilai tertulis dan 40% nilai tes wawancara. Rangking paralel tingkat kabupaten akan menentukan calon penyuluh di terima juga akan di rangking juga tingkat kecamatan dimana kuota di masing-masing kecamatan adalah 8 penyuluh. Sehingga dari 20 kecamatan akan diterima 160 calon penyuluh yang lulus.

Di lain tempat, Plt Kepala Kankemenag berharap sekali dengan seleksi ini mendapatkan penyuluh yang berkualitas yang akan di terjunkan ke seluruh wilayah  kecamatan di Banjarnegara, setelah mendapatkan legalitas. Pembinaan keagaman amat terbantu dengan adanya penyuluh keagamaan di daerah yang langsung bersentuhan langsung dengan masyarakat. (Nangim)