Seleksi Penyuluh Untuk Pembinaan Umat

Ahad (20/10) ini pertempat di MTsN 2 Banjarnegara, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara melalui seksi Bimas Islam melaksanakan proses seleksi Penyuluh Non PNS sebagai kegiatan yang penting.

Dari 285 peserta terdaftar hadir untuk sesi ujian tertulis, yang bisa mengikuti sebanyak 277 peserta. Jumlah tersebut dibagi menjadi 10 kelas dengan pengawas ujian masing-masing ruanganyan 2 orang.

Sebelum pelaksanaan ujian, para peserta melakukan apel singkat di halaman madrasah untuk dibacakan informasi terkait proses seleksi, seperti Pembacaan Tata Tertib Ujian, Informasi Ruang, dan pembukaan segel naskah yang dijaga kerahasiaannya yang dipimpin oleh Ketua Pelaksana Seleksi, Zulkifli selaku Kasi Bimas Islam didampingi Plt Kepala Kankemenag dan petugas monitoring dari Kanwil.

Hadir petugas monitoring Kemenag Kanwil Jateng, Badrussalan menyampaikan “Semoga ujian bisa tuntas dan lancar sesuai dengan tata tertib yang sudah ditentukan. Dan bisa melaksanakan tes dengan sebaik-baiknya”.

Harapan dengan kegiatan ini bisa mendapatkan penyuluh yang berkualitas yang bisa membantu Kementerian Agama dalam pembinaan umat, khususnya umat Islam.  

Selesainya apel singkat, peserta menyaksikan serah terima naskah, pembukaan segel naskah dan pengecekan kondisi naskah. Selanjutnya peserta masuk ruangan yang sesuai dengan nomor ujian dan menerima teks ujian untuk dikerjakan

Seleksi di lakukan 2 tahap, yakni Tes Tertulis (20/11) dan Tes Wawancana rencana dilaksanakan Rabu (23/11) bertempat di Aula Kankemenag Banjarnegara mulai pukul 08.00 WIB.  Hasil seleksi nantinya akan di rangking tingkat Kabupaten dan selanjutnya rangking tingkat kecamatan. Adapun kuota yang dibutuhkan adalah 8 orang penyuluh tiap kecamatan. Sehingga sesuai kuota Kankemenag Kab. Banjarnegara untuk tahun 2017 menerima penyuluh Non PNS sebanyak 160 orang.(Nangim)