Evaluasi Hasil Audit Untuk Perbaikan Ke Depan

Banjarnegara merupakan salah satu kabupaten yang mendapat kunjungan terkait Audit Kinerja dari Inspektorat Jenderal Kementerian Agama RI. Kegiatan audit dilaksanakan selama 12 hari kerja sejak tanggal 10 Juni 2016 ini.

Puncak dari Audit Kinerja adalah “expose” Hari ini, Selasa (21/06) yang dilaksanakan di Aula Masjid Al-Ikhlas Kemenang Kabupaten Banjarnegara. “Alhamdulillah audit kinerja Insektorat Jenderal selesai sesuai jadwal tdk mungkin terwujud tanpa bantuan bapk ibu pegawai Kantor Kemenag Kabupaten Banjarnegara” ucap Titik Orbawati, Ketua Tim Irjen Kemenag RI mengawali Ekspose di hadapan Kepala Kantor, Kasubbag TU, Kasi dan Gara, Pengelola DIPA serta tim audit Irjen.

Titik merasa merasa terbantu dengan terpenuhinya kebutuhan terkait materi, berkas dan data yang akan di audit. Tanggapan cepat jika terdapat masalah serta solusi di akui mempercepat proses audit sampai hari akhir masa tugas di Kankemenag Banjarnegara. “Tugas tim audit bukan mencari kesalahan, namun memberikan evaluasi kegiatan yang telah terlaksana berupa catatan sebagai perbaikan ke depan”,jelasnya.

Hasil evaluasi terkait kinerja mendapatkan hasik cukup baik. Beberapa catatan cukup baik seperti tidak di temukan kelebihan narasumber di bandingkan tempat lain, sudah tidak ditemukan kelebihan panitia dalam kegiatan bahkan terdapat juknis penyuluh sudah ada, padahal di kanwil belum. Tapi masih perlu perbaikan dari segi dokumen dan laporan. Ada kegiatan yang mendapatkan skor maksimal yakni Bintek PAIS.

Hasil terkait temuan Audit diserahkan kepada Kepala Kantor untuk ditindak lanjuti. Hasil skor yang di dapat untuk Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara untuk Total Nilai SPI adalah 85,03 dengan predikat Berhasil. Sedangkan Total skor Nilai Kinerja adalah 78,735 berpredikat Cukup/ Normal. (Nangim)