Jamaah Haji Banjarnegara Disambut Bupati Banjarnegara

Jamaah Haji mulai pulang ke tanah air, setelah rangkaian kegiatan haji di Tanah Suci selesai mulai kloter pertama. Demikian juga Pemerintah Daerah Kab. Banjarnegara dan Kementerian Agama Kab. Banjarnegara mulai menyambut tamu Allah SWT yang tiba di Banjarnegara.

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Solo sudah mulai menyambut kedatangan Jemaah Haji (JH), pada Minggu (27/09). Apel Siaga Satgas dan Rapat Koordinasi Persiapan Penyambutan Jemaah Haji mulai Kloter 01 dipimpin langsung oleh Ketua PPIH Drs. H. Ahmadi, M. Ag (28/09). Bidang kesehatan haji juga siap dengan tenaga kesehatan, sarana dan prasarana kesehatan, obat-obatan saat jemaah tiba di Embarkasi Solo.

Sesuai rencana jamaah haji mulai Banjarnegara mulai di pulangkan Rabu, 30 September 2015. Pemulangan dilakukan secara bertahap melalui SOC Adi Soemarmo sesuai dengan kloter dan rombongan yang sudah dijadwalkan.

Kloter Awal Jemaah Haji Kab. Banjarnegara 5 SOC tiba di Solo Rabu, 30/09/2015. Jemaah haji setelah diterima petugas PPIH, diadakan seremonial pelepasan untuk kembali ke Banjarnegara. Kamis (1/10) dini hari tiba di Banjarnegara.

Jamaah masuk banjarnegara dan masuk ke halaman Pendopo Kabupaten. Para jamaah di sambut oleh Bupati Banjarnegara, beserta forum komunikasi daerah, kementerian agama kabupaten, KBIH, ormas Islam dan para penjembut dari keluarga jamaah haji.

Para jamaah di anjurkan untuk sujud syukur atas keselamatan sampai ke kampung halaman di tempat yang sudah disediakan. Setelah sujud syukur para jamaah di persilahkan duduk di pendopo untuk seremonial penerimaan jamaah haji.

Salah satu jamaah mewakili rombongan menyampaikan laporan perjalanan dan kondisi rombongan kepada Bupati, dan diterima oleh Bupati.

Bupati menyampaikan rasa syukur dimana warganya sudah selesai melaksanakan ibadah haji tahun ini. “Semoga kepulangan ke rumah masing-masing diberikan kelancaran dan keselamatan juga”disampaikan dalam sambutan Sutedjo.

Acara dilaksanakan dengan singkat mengingat kondisi jamaah yang lelah dalam perjalanan, Semoga haji mabrur semoga juga bisa di sandang para jemaah haji tahun 2015 ini. Amin.

Ada 8 jadwal pemulangan jamaah haji Banjarnegara, seperti terlihat di gambar. Dengan keterangan terdapat 2 jamaah yang meninggal yakni dari Kloter 8 SOC dan Kloter 5 SOC.

Untuk koper jamaah haji dikirim dari bandara ke Banjarnegara dengan 2 kali kiriman. Para jamaah bisa mengambil koper di aula mulai hari Jum’at di Aula Kantor, tentunya dengan membawa bukti pengambilan yang sudah ditentukan. (Nangim)