Kanwil Akan Tingkatkan Koordinasi Dengan Kemenag Kabupaten

Banjarnegara – Secara berkala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah akan menggelar rapat koordinasi bagi Kemenag Kabupaten / Kota se Jawa Tengah.  Demikian dikatakan oleh Kakanwil Kemenag Prov. Jateng, Musta’in Ahmad, di Hotel the Sunan Solo pada hari Rabu (7/4).

“Kanwil punya tanggung jawab moral untuk mengkoordiir pelaksanaan tugas para Kepala Kantor Kemenag Kabupaten/ Kota dalam menjalankan peran dan fungsinya. Dengan adanya rapat koordinasi rutin ini diharapkan kinerja Kementerian Agama akan semakin baik dalam upaya memperoleh predikat Zona Integritas pada masa yang akan datang,” terang Musta’in.

Mantan Kepala Kantor Kemenag Kota Surakarta ini menambahkan bahwa rapat koordinasi rutin nanti akan membahas segala sesuatu yang terkait dengan peran dan tugas Kementerian Agama Kabupaten/Kota. “Kita akan lebih banyak mengeksplore apa yang menjadi isu-isu strategis di Kementerian Agama melalui diskusi-diskusi serius. Jika memang dibutuhkan kita akan mendatangkan para praktisi yang expert di bidangnya, agar kemajuan di Kementerian Agama dapat di akselerasikan, tambahnya.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara, Agus Suryo Suripto mengatakan bahwa ada semacam kegelisahan para Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota dalam mensikapi beberapa isu strategis.

“kami berharap bahwa dengan akan digelarkan rakor rutin ini akan memberikan pencerahan bagi Kabupaten/Kota yang lain agar mudah menduplikasi program yang sukses dilakukan di satu Kemenag. Jadi para sejawat tidak perlu lagi memikirkan bagaimana program terobosan agar Kemenag di Kabupatennya maju. Cukup dengan rumus ATM, amati, tiru, dan modifikasi program tersebut sesuai dengan kearifan local,” imbuh Suryo.

Sementara itu Mustai’in Ahmad menambahkan bahwa program ini akan dimulai setelah bulan Ramadhan besok. “Kami akan laksanakan program ini secara berkala dan berotasi, artinya besok dilaksanakan di Kabupaten sini, bulan depannya dilaksanakan dikabupaten sana. Dengan adanya anjangsana di tiap-tiap Kemenag diharapkan setiap Kepala Kemenag akan memberikan yang terbaik, untuk dapat disuguhkan kepada para sejawatnya”, demikian Musta’in mengakhiri pembicaraannya. (suryo/ak)