Kesuksesan UAMBN 2016 Perlu Dipertahankan

Dalam rangka mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik pada akhir jenjang pada satuan pendidikan sesuai dengan standar kompetensi secara nasional di lembaga madrasah, dilaksanakan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN).

Sesuai jadwal telah dilaksanakan UAMBN tahun pelajaran 2015/2016 di kabupaten Banjarnegara untuk tingkat MA pada 14-16 Maret 2016 dan tingkat MTs pada 11-13 April 2016. Informasi dari Seksi Madrasah Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara tahun ini tercatat UAMBN MA diikuti 1093 siswa sedangkan UAMBN MTs diikuti 2452 siswa.

Selain sebagai bahan pertimbangan dalam pemetaan mutu madrasah, diadakan Monev (Monitoring dan Evaluasi) hubungannya dengan pelaksanaan ujian. Hasil monev diketahui bahwa UAMBN berjalan lancar, aman, tertib dan sesuai dengan SOP penyelenggaraan UAMBN 2015/2016 sebagaimana disampaikan Kasi Pendidikan Madrasah, Karsono.

Usai pelaksanaan ujian di tempat kerjanya, Kasi Pendma mengucapkan terima kasih atas suksesnya pelaksanaan ujian kali ini. Kegiatan ini bukan sekedar merupakan kegiatan rutin, tetapi lebih dari itu. Tujuan dilaksanakannya UAMBN  yang tertuang dalam SOP Penyelenggaraan UAMBN 2015/2016 antara lain, sebagai salah satu syarat kelulusan, alat pengendali mutu pendidikan, dan pendorong peningkatan mutu pendidikan pada MTs dan MA.

Karsono berharap kepada terkait suksesnya pelaksanaan UAMBN tahun ini bisa dipertahankan dan ditingkatkan “Kesuksesan ujian kali ini adalah hasil kerja keras semua unsur baik madrasah, pengawas dan panitia” kata Karsono. (nangim)