KKG Al-Faqih Gelar Bimtek Pelatihan Jurnalistik

Banjarnegara – Kelompok Kerja Guru (KKG ) Al-Faqih Kecamatan Banjarmangu, Kabupaten Banjarnegara menggelar Bimtek Pelatihan Jurnalistik yang bertempat di Aula Pendais Kecamatan Banjarmangu. Kegiatan dibuka oleh Pengawas RA/MI Kecamatan Banjarmangu, Umi Fatonah dan diikuti oleh puluhan peserta guru yang berasal dari utusan masing-masing MI se-Kecamatan Banjarmangu. (27/02)

Ketua KKG Al-Faqih Abdul Jasan menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan masing-masing madrasah dalam bidang jurnalistik agar dapat mempublikasikan kegiatan yang dilaksanakan dan menjadi jurnalis yang profesional nantinya. “Selain itu juga untuk membangun image madrasah dengan berita positif tentang kegiatan madrasah,” kata Jasan.

Pada pelatihan ini menghadirkan narasumber praktisi jurnalis online, Heni Purwono. Menurutnya berita yang baik harus memenuhi unsur berita yang sering sekali disebut 5W dan 1H. Dengan memahami dan mendapatkan unsur-unsur tersebut seorang penulis akan mudah untuk menulis berita.

“Jadi 5W1H adalah rukun dalam pembuatan berita. Dan itu wajib ada dalam sebuah berita. Penulis berita juga tidak boleh beropini sendiri. Ia hanya menulis berdasarkan pernyataan dari narasumber,” jelasnya.

Heni menambahkan agar berita  kegiatan yang dibuat berita harus memenuhi unsur unik, menarik dan penting. “Biar berita itu heboh, buatlah judul yang menarik, sehingga pembaca tertarik untuk membaca,“ ujar Heni.

Mengingat masih pandemi, dalam pelatihan ini menerapkan protokol kesehatan secara ketat dengan memakai masker, cek suhu, dan jaga jarak antar peserta. (ak)