Laras Cendhani Tampil di Launching Sahabat Madrasah

Banjarnegara – Rabu (3/3) grup thek-thek Laras Cendhani MAN 1 Banjarnegara unjuk kebolehan pada acara Launching Sahabat Madrasah di halaman MAN 2 Banjarnegara. Kepala MAN 1 Banjarnegara, Sunaryo menuturkan bahwa grup thek-thek ini terbentuk tahun 2014 dan sudah tampil pada acara-acara di Banjarnegara dan luar daerah. Sekarang dibangkitkan lagi  dengan nama Laras Cendhani.

Kesenian thek-thek merupakan kegiatan yang tergabung dalam ekstra kurikuler seni budaya yang dibimbing Lutviana Dwi Wardhani.

“Dalam ekstra kurikuler kesenian di MAN 1 Banjarnegara berusaha menggabungkan beberapa cabang seni baik modern maupun tradisional. Diantaranya band, vokal grup, tari, teater dan thek-thek. Hal ini dimaksudkan agar potensi dan minat siswa di bidang seni dapat tersalurkan di sini. Selain itu jika sewaktu-waktu kita perform bisa menampilkan yang berbeda,” tutur Lutvi

Lebih lanjut Lutvi menyampaikan bahwa belajar musik thek-thek tidak sulit, akan tetapi dibutuhkan kekompakan dan kerja sama antar teman dalam grup. Kreativitas menjadi hal utama. Untuk memperoleh sajian penampilan yang baik juga harus didukung koreografi serta kostum. ke depan akan kita kembangkan lagi dengan nyanyian yang dilantunkan oleh para pemain.

Muhammad Abror, Waka Humas MAN 1 Banjarnegara menyampaikan, thek-thek Laras Cendhani merupakan bentuk budaya kearifan lokal. Thek-thek perlu lebih dikenalkan kepada masyarakat luas agar tidak hilang. Walaupun sebenarnya thek-thek bukan hal asing bagi masyarakt ngapak.

“Nah pada acara Launching Sahabat Madrasah, kita menampilkan yang berbeda, musik thek-thek dengan perpaduan koreografi serta kostum yang meriah,” terangnya. (swh/Ak/Mnh)