MTs Negeri 1 Banjarnegara Bersinergi Menggapai Sukses UM

Banjarnegara – Ujian Nasional tahun 2021 telah resmi dihapus mengingat pandemi Covid-19 yang masih meresahkan. Oleh karena itu, untuk mengukur pencapaian standar kompetensi peserta didik madrasah pada akhir jenjang pendidikan, Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI menetapkan pelaksanaan Ujian Madrasah (UM).

Dalam rangka menyukseskan UM 2021, MTs Negeri 1 Banjarnegara mengundang wali siswa kelas IX dalam acara Sosialisasi Ujian Madrasah yang dilaksanakan dalam empat sesi selama dua hari (Kamis, 18/3/2021 dan Sabtu, 20/3/2021).

H. Moh. Zaenal selaku Kepala MTs Negeri 1 Banjarnegara dalam sambutannya menyampaikan bahwa orang tua siswa dan madrasah harus bersinergi untuk menyukseskan UM yang akan dilaksanakan pada tanggal 29 Maret 2021 sampai dengan 7 April 2021. Orang tua diharapkan tidak bosan-bosan memberikan motivasi, dukungan, pengawasan, dan doa kepada putra-putrinya.

“Rida orang tua adalah kunci kesuksesan anak, semoga UM dapat berjalan dengan lancar, aman, dan anak-anak kita dapat mengerjakan dengan baik, hasilnya pun baik, sehingga dapat memperoleh predikat lulus dengan baik,” pungkas beliau.

Dalam paparannya, Yuniati selaku waka kurikulum MTs Negeri 1 Banjarnegara menjelaskan bahwa tahun ini ada tiga kriteria kelulusan yaitu menyelesaikan seluruh program pembelajaran di MTs Negeri 1 Banjarnegara, memperoleh nilai sikap/perilaku minimal baik, dan mengikuti UM. UM ini adalah salah satu komponen penilaian yang sangat penting karena merupakan indikator pencapaian kompetensi peserta didik serta umpan balik bagi madrasah untuk perbaikan proses pembelajaran dan mutu pendidikan. Materi yang diujikan dalam UM ini adalah materi yang telah dipelajari di kelas VII, VIII, dan IX, sehingga semua siswa kelas IX harus benar-benar mempersiapkan diri agar memperoleh hasil yang maksimal.

Yuniyati menambahkan bahwa moda pelaksanaan UM MTs Negeri 1 Banjarnegara adalah berbasis android yaitu siswa menggunakan HP untuk mengerjakan soal-soal UM melalui aplikasi google form. Demi kelancaran kegiatan tersebut, orang tua harus menyiapkan HP dan kuota serta diharapkan orang tua lebih sering memantau belajar putra-putrinya. Ada dua rencana dalam pelaksanaan UM, jika PPKM tidak diperpanjang, maka siswa melaksanakan UM di madrasah dengan pengawasan guru,  tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Namun jika PPKM masih diberlakukan, maka siswa melaksanakan UM di rumah masing-masing dengan pengawasan orang tua.

“Target kita bukan sekadar siswa mengikuti UM tetapi siswa memperoleh nilai UM yang bagus,” tegasnya.

Sosialisasi UM ini adalah upaya yang baik antara pihak madrasah dan orang tua siswa untuk mengantarkan siswa-siswi MTs Negeri 1 Banjarnegara agar pada tanggal 4 Juni 2021 mendapatkan predikat lulus yang memuaskan, karena kelulusan tidak hanya melibatkan siswa dan guru, tapi juga melibatkan peran serta orang tua. (Nv/ak)