Upaya Hidup Sehat, MIN 1 Banjarnegara Adakan Senam Pagi Secara Rutin

Banjarnegara – Olah raga di tengah pandemi Covid-19 tidak mustahil dilakukan. Bahkan semestinya olahraga kian digiatkan untuk lebih menjaga kebugaran tubuh. Oleh karena itu, dalam rangka upaya menjaga kebugaran agar hidup sehat, Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Banjarnegara mengadakan kegiatan senam pagi setiap hari Jumat di halaman Madrasah yang diikuti oleh seluruh guru dan karyawan MIN 1 Banjarnegara sebelum melaksanakan aktivitas di Madrasah (19/03/2021).

Kegiatan ini tetap mematuhi protokol kesehatan yakni menjaga jarak. Kegiatan senam pagi ini, banyak sekali manfaatnya selain tubuh menjadi bugar, otot-otot menjadi kuat dan memperlancar peredaran darah. Selain itu, paparan sinar matahari pagi juga bagus bagi tubuh karena kandungan vitamin D alaminya yang bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh. Apalagi menurut para ahli, virus corona tidak tahan dengan sinar matahari.

Kepala MIN 1 Banjarnegara, Tuslam menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk ikhtiar Guru dan Karyawan dalam upaya hidup sehat dan terhindar dari covid-19 dengan berolah raga, agar imunitas tubuh semakin meningkat, sehingga diharapkan tidak adanya klaster penularan virus covid-19 di lingkup Madrasah.

“Aktivitas fisik dapat menjadi salah satu cara untuk mencegah penularan virus Covid 19. Pasalnya, menurut hasil penelitian, orang yang rutin berolah raga lebih jarang terserang penyakit dibandingkan dengan orang yang jarang berolah raga. Hal ini disebabkan karena ketika anda berolah raga, kinerja sel darah putih akan terangsang. Dan Ketika olah raga, suhu tubuh juga mengalami peningkatan. Hal ini dapat menghambat bakteri untuk berkembang dalam tubuh dan dengan suhu tubuh yang meningkat juga dapat membantu tubuh melawan infeksi.” Jelasnya.

Para Guru menyambut kegiatan olah raga ini dengan antusias, mereka berkumpul di halaman MIN 1 Banjarnegara dengan kompak memakai pakaian kaos olah raga dan mengikuti arahan instruktur senam dengan begitu bersemangat dan penuh keceriaan. Sri Wachyuni, Guru Muda wali kelas 6A menyatakan bahwa kegiatan olah raga senam ini sangat bermanfaat untuk menjaga kebugaran dan stamina guru terlebih di masa pandemi ini, dimana pembelajaran secara daring menuntut stamina lebih guru, terutama ketika berlama-lama di depan komputer atau ketika mengkoreksi hasil pekerjaan murid.

“Mari kita biasakan hidup sehat dengan tetap melakukan aktivitas fisik dan tetap patuhi protokol kesehatan, sebagai upaya mencegah penularan covid-19, semoga semua civitas akademika MIN 1 Banjarnegara, dari kepala selaku pemangku kebijakan, guru selaku pendidik, karyawan dan murid-murid senantiasa diberikan kesehatan dan dalam perlindungan Yang Maha Kuasa.” Pungkasnya. (SW/YAY/ak)