Pendalaman Kajian Kitab Jadi Program Unggulan MA Alfatah di Bulan Ramadhan

Banjarnegara – Bulan suci Ramadhan telah datang disambut suka cita umat Islam seluruh dunia. Banyak rencana – rencana yang dilakukan masyarakat dan tidak kalah juga dengan warga pondok pesantren. Kegiatan di pondok pesantren sangatlah padat di bulan Ramadhan, karena pada Ramadhan memang banyak pahala yang akan didapatkan jika diisi dengan kegiatan yang positif.

Menghadapi bulan Ramadhan yang penuh berkah, Pondok Pesantren Al Fatah Banjarnegara sudah merangkai banyak kegiatan seperti shalat tarawih, tadarus Al Quran, kuliah Shubuh, pendalaman kitab kuning.

MA Al fatah sebagai sekolah dibawah naungan Pondok Pesantren Al  Fatah Banjarnegara pada waktu pandemi Covid 19 ini mengikuti kegiatan di pondok pesantren sepenuhnya dan tidak lupa pembelajaran Daring untuk materi dari sekolah bagi siswa yang tinggal di Asrama pondok pesantren. Sementara bagi siswa yang tinggal dirumah, tetap melakukan pembelajaran secara Daring akan tetapi mereka juga tetap ditargetkan untuk menghatamkan Al Quran 30 juz dan lebih mendekatkan diri kepada Allah Swt di bulan Ramadhan ini.

Kegiatan siswa siswi MA Al Fatah Banjarnegara dimulai dari pembelajaran Daring mulai pada pukul 07.30 – 10.00. Setelah itu pendalaman kitab kuning seperti Maqosidus Shoumi, Safinatun Najah, Shohih Bukhori, Fathul Mu’in, Al Adab Ma’a Rosul, dan lain sebagainya.

Pengajian pendalaman kitab tersebut diampu oleh beberapa Kiai dan Asatidz seperti K.H Wahid Jumali Lc, K.H Jauhar Hatta, K.H Syafi’ Muslih, Ust. Wildan Mubarok Hasan, Ust. Mufidz, Ust Muhlisin, dan lain sebagainya.  Pengajian pendalaman kitab ini dibagi di beberapa tempat seperti di  Aula, Majlis dan Serambi Masjid.

Muhlisin yang merupakan guru MA Al Fatah dan salah satu Ustadz yang ikut membacakan kajian kitab mengatakan bahwa kegiatan bulan Ramadhan yang paling banyak diikuti oleh siswa MA Al Fatah adalah pengajian setelah Ashar dan setelah Shalat Tarawih.

“Santri paling antusias ketika mengikuti pengajian setelah Ashar menjelang buka puasa dan setelah shalat Tarawih, untuk kitab yang di baca malam hari,” ucapnya.

Disisi lain, MA Al Fatah Banjarnegara juga memiliki kegiatan khusus di bulan Ramadhan  yaitu Program kelas unggulan Kitab Kuning. Kegiatan ini hanya diikuti oleh 28 siswa yang sudah dipilih oleh dewan guru. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman Nahwu Shorof dan kitab kuning.

“Untuk pendalaman materinya menggunakan kitab Fathul Qorib. Program Unggulan ini diampu oleh guru yang kompeten di bidangnya seperti, Ustdz Riyanti dan pada tahap akhir akan di cek oleh Fitri Muhlishoh,” pungkas Muhlisin. (is/ak)