Persiapan Peresmian Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji KUA

Proses Pembangunan Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji KUA untuk wilayah Provinsi Jawa Tengah untuk Dana SBSN 2016 sudah hampir selesai. Dengan selesainya kegiatan ini, maka acara peresmian di perlukan sebagai sarana pengenalan, sosialisasi dan evaluasi.

Seluruh Kabupaten/ Kota  Sejawa Tengah yang berjumlah  31 Kantor kabupaten/kota dengan jumlah Gedung yang dibangun sejumlah 42  lokasi, rencana akhir  tahun ini akan diresmikan secara langsung oleh Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin. 

Mempersiapkan  hal tersebut, seluruh Kantor Kemenag Kabupaten/Kota yang mendapat bantuan pembangunan berkumpul hari Senin Ini (5/12) di RM.Saung Bu Mansur Banjaregara.  Dari kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah  hadir  diwakili Kabid Urais & Binsyar Saifulloh beserta tim. 

Persiapan acara perlu dimatangkan dikarenakan agenda padahari  H padat. Ada 3 kegiatan bersamaan, yakni di kanwil 1 kegiatan di Banjarnegara 2 kegiatan.  Untuk kegiatan di Banjarnegara, adalah Peresmian Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji KUA sumber anggaran dari SBSN se-Jawa Tengah di lanjutkan dengan peresmian Masjid Al  Ikhlas Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara. 

Pada pembukaan rapat persiapan,Kabid Urais dan Binsyar berharap kegiatan dipersiapkan sebaik-baiknya. “Lakukan Proses Peresmian dengan singkat  dan  sederhana”, pesan Safulloh.

Poin-poin penting seperti protokoler  dan jadwal kegiatan sudah disusun oleh Kanwil  Kemenag Provinsi Jateng. Sedangkan pelaksanaan di bagi tugas selain dari Kabupaten Banjarnegara sebagai tuan rumah. 

Adapun rencana pelaksanaan adalah tanggal 23 Desember dan proses peresmian dilaksanakan di Pendopo  Dipayudha Adhi graha. Undangan diperkirakan 500 orang di  mana seluruh Kankemenag Kabupaten/  Kota  sejawa Tengah di undang dan dilibatkan. 

Dipimpin oleh  Mc. Mahbud Junadi  dan SC  oleh Kasi Bimas Zulkifi membahas kebutuhan peresmian, peninjauan dan persiapan  tempat acara, serta pembahasan teknis.

Seremonial penandatangana prasasti  simbolis akan dilakukan secara singkat di pendopo dan selanjutnya menuju ke KUA kabupaten Banjarnegara sebagai perwakilan Gedung  KUA yang akan diresmikan. Agenda selanjutnya menuju ke Kankemenag Banjarnegara guna penandatanganan 41 prasasti Pembangunan Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji KUA sejumlah 41 lokasi dan penandatanganan prasasti Masjid Al Ikhlas.  Dilanjutkan pemotongan pita, tinjauan lokasi masjid dan di akhiri sholat  Magrib berjamaah bersama Menteri Agama.

Harapan dengan persiapan ini,  acara  bisa di laksanakan dengan  sukses,  lancar dan  bisa memberi manfaat kepada semuanya . (Nangim)