Puasa Ramadhan, Vaksinasi Tahap II MAN 2 Banjarnegara Tetap Jalan

Banjarnegara – MAN 2 Banjarnegara mengadakan kegiatan Vaksinasi Tahap II yang dikuti oleh 109 orang guru dan pegawai tata usaha di aula pada hari Sabtu. (17/4) kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Vaksinasi Tahap I yang telah dilakukan pada tanggal 3 April lalu dalam rangka memenuhi salah stau syarat pelaksanaan Uji Coba Pembeajaran Tatap Muka (PTM).

Meski tengah menjalankan ibadah puasa Ramadhan, kegiatan ini tetap berjalan sebab ketentuan waktunya adalah 14 hari sejak vaksinasi pertama. Ridlo Pramono selaku Kepala Madrasah menjelaskan tidak ada alasan untuk menunda kegiatan tersebut meskipun sedang puasa, mengingat Standar Operasional Proses (SOP) Vaksin  Covid-19 memang seperti itu. “Meskipun sedang puasa, Alhamdulillah tetap berjalan dengan lancar tanpa kendala. Semoga dengan vaksinasi ini Bapak Ibu Guru dan Pegawai bisa lebih tenang dan siap dalam menghadapi PTM Tahap selanjutnya,” jelasnya.

Kegiatan Vaksinasi Tahap II ini dilakukan oleh Petugas Puskesmas Banjarnegara 1 berjumlah 11 orang dan dipimpin langsung oleh dr Yuni Astuti yang merupakan Kepala Puskesmas tersebut. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan selamat kepada seluruh guru dan pegawai tata usaha yang sudah melaksanakan vaksinasi sampai tahap II tanpa halangan yang berarti. “Tetap jaga kesehatan pasca vaksinasi ini dengan makan makanan bergizi, istirahat teratur dan tidak beraktifitas berat lebih dahulu. Meskipun sudah divaksin, protokol kesehatan tetap harus diterapkan tanpa terkecuali,” ungkapnya.

Sementara salah satu peserta vaksin dari guru, Risma Astutiani mengungkapkan sudah bersiap untuk vaksinasi tahap II ini dengan beristirahat yang cukup dan makan bergizi. “Karena ini sedang puasa, sudah siap-siap sejak sahur tadi ya biar tetap kuat. InsyaAlloh setelah ini langsung istirahat untuk mengurangi efek pegal pasca disuntik,” pungkasnya.

Kegiatan Vaksinasi Tahap II ini selesai sekitar pukul 11 siang dengan memastikan tidak ditemukan gejala serius pasca vaksinasi pada seluruh peserta. (ta/ak)