kelas tahfid MTs 1 Banjarnegara

Semakin Mendunia, Kelas Tahfid Tampil dalam Lepas Sambut Kepala MTs N 1 Banjarnegara

Banjarnegara Program Tahfidz merupakan salah satu program unggulan di MTs N 1 Banjarnegara. Program ini menjadi wadah bagi siswa/siswi untuk menghafalkan Al Quran di masa pra-remaja.

Melalui acara Lepas Sambut Kepala MTs N 1 Banjarnegara yang digelar pada hari Selasa, (31/8/21), kelas tahfidz tampil apik dan memukau. Tidak heran, banyak para tamu undangan yang terpukau dengan suara emas mereka. Terhitung perwakilan dari 25 siswa/siswi kelas tahfid membacakan surat An-Naba secara bersamaan.

Perlu diketahui MTs N 1 Banjarnegara menggelar acara lepas sambut Kepala Madrasah lama Bapak Moh. Zaenal yang di lantik dan dipindahtugaskan ke MTs N 2 Purbalingga dan digantikan dengan kepala madrasah baru yaitu Bapak Eko Widodo yang berasal dari kepala madrasah MTs N 2 Banjarnegara.

Dengan menampilkan kelas tahfid sebagai sambutan di awal acara, menjadikan MTs N 1 Banjarnegara semakin mendunia. Satu diantaranya melalui bimbingan Umi Mahmudah, siswa/siswi kelas tahfdz semakin terlatih dalam menghafalkan ayat suci Al-Quran.

Saat dijumpai di ruang kerja MTs N 1 Banjarnegara, Umi membagikan tips bagaimana cara mendidik para siswa/siswi untuk menghafal Al-Quran dengan cepat. Sebagai Sekolah Madrasah, Program tahfidz bertujuan untuk memacu siswa dalam menyelesaikan target hafalan dalam 1 periode, yang dikhususkan bagi siswa tahfidz untuk menghafal 30 juz.

“Kelas tahfidz di bagi menjadi 3 level yaitu, tahfidz 30 juz, tahfidz 3 juz dan tahfidz juz 30.” ujar Umi.

Kendati demikan, Ibu Umi juga menerapkan evaluasi mingguan, salah satunya evaluasi tes baca, tes ayat, ujian akhir periode, dan wisuda. (ran/ak)